Pilih Bahasa  
Book's Detail
PSIKOLOGI BELAJAR

KATA PENGANTAR
SEKAPUR SIRIH
MODEL DAN TABEL
BAB I PENDAHULUAN
A. Intisari buku ini
B. Pendekatan psikologis buu ini
C. Kiat mempelajari buku ini
BAB II HUBUNGAN ANTARA PERKEMBANGAN DENGAN BELAJAR
A. Perkembangan Psiko-Fisik siswa
1. Perkembangan Motor (Fisik) siswa
2. Perkembangan Kognitif siswa
3. Perkembangan Sosial dan Moral siswa
B. Arti penting perkembangan kognitif bagi proses belajar siswa
1. Mengembangkan Kecakapan kognitif
2. Mengembangkan Kecakapan Afektif
3. Mengembangkan Kecakapan Psikomotor
Rangkuman
BAB III KONSEP DASAR BELAJAR
A. Arti penting belajar
1. Arti penting belajar bagi perkembangan manusia
2. Arti penting belajar bagi kehidupan manusia
B. Definisi dan contoh belajar
1. Definisi belajar
2. Contoh belajar
C. Belajar, Memori, dan Pengetahuan
1. Perspektif Psikologi
2. Perspektif Agama
D. Teori-teori Pokok Belajar
1. Connectionism (Koneksionisme)
2. Classical Conditioning ( Pembiasaan Klasik)
3. Operant Conditioning (Pembiasaan Perilaku Respons)
4. Contiguous Conditioning (Pembiasaan Asosiasi Dekat)
5. Cognitive Theory (Teori Kognitif)
6. Social Learning Theory (Teori Belajar Sosial)
E. Proses dan Tahapan Belajar
1. Definisi proses belajar
2. Tahap-tahap dalam proses belajar
Rangkuman
BAB IV KARAKTERISTIK, MANIFESTASI, DAN RAGAM BELAJAR
A. Karakteristik perubahan hasil belajar
1. Perubahan intensional
2. Perubaha positif-aktif
3. Perubahan efektif-fungsional
B. Manifestasi perilaku belajar
1. Manifestasi kebiasaan
2. Manifestasi keterampilan
3. Manifestasi pengamatan
4. Manifestasi berfikir asosiatif dan daya ingat
5. Manifestasi berpikir rasional dan kritis
6. Manifestasi sikap
7. Manifestasi inhibisi
8. Manifestasi apresiasi
9. Manifestasi tingkah laku afektif
C. Ragam-ragam Belajar
1. Ragam Abstrak
2. Ragam keterampilan
3. Ragam sosial
4. Ragam pemecahan masalah
5. Ragam rasional
6. Ragam kebiasaan
7. Ragam apresiasi
8. Ragam pengetahuan
Rangkuman
BAB V EFISIENSI, METODE/PENDEKATAN, DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BELAJAR
A. Efisiensi Belajar
1. Definisi efisiensi belajar
2. Efisiensi usaha belajar
3. Efisiensi hasil belajar
B. Pendekatan dan metode belajar
1. Ragam pendekatan belajar
2. Ragam metode belajar
C. Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar
1. Faktor internal siswa
2. Faktor eksternal siswa
3. Faktor pendekatan belajar
Rangkuman
BAB VI TRANSFER, LUPA, JENUH, DAN KESULITAN BELAJAR
A. Transfer Belajar
1. Ragam Transfer belajar
2. Terjadinya transfer belajar positif
3. Transfer dari Short-term Memory ke Long-term Memory
B. Lupa dan Kejenuhan Belajar
1. Peristiwa lupa dalam belajar
2. Peristia jenuh dalam belajar
C. Kesulitan Belajar
1. Faktor penyebab kesulitan belajar
2. Diagnosis kesulitan belajar
3. Kiat mengatasi kesulitan belajar
Rangkuman
BAB VII EVALUASI DAN PRESTASI BELAJAR
A. Evaluasi Hasil belajar
1. Definisi Evaluasi
2. Tujuan dan fungsi evaluasi
3. Ragam evaluasi
4. Ragam alat evaluasi
5. Syarat dan alat evaluasi
6. Evaluasi perbagai ranah psikologis
B. Prestasi Belajar
1. Indikator Prestasi belajar
2. Pendekatan evaluasi prestasi belajar
3. Batas minimal prestasi belajar
Rangkuman
DAFTAR PUSTAKA
INDEKS
TENTANG PENULIS

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Muhibbin Syah - Personal Name
Edisi
No. Panggil 370.15 MUH p
ISBN/ISSN 979-421-933-9
Subyek Psikologi Pendidikan
Klasifikasi 370.15
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit CV. RAJAWALI
Tahun Terbit 2013
Tempat Terbit Jakarta
Deskripsi Fisik xx, 256 hlm; 21 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...