Pilih Bahasa  
Book's Detail
METODE KETELADANAN GURU PAI DALAM UPAYA MENERAPKAN NILAI-NILAI AKHLAK MULIA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 9 KOTA TASIKMALAYA

HUSEN ROSADI, NIM 1501195. METODE KETELADANAN GURU PAI DALAM UPAYA MENERAPKAN NILAI-NILAI AKHLAK MULIA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 9 KOTA TASIKMALAYA ( Jl. Babakan Siliwangi No. 9, Kahuripan, Kec. Tawang, Kota Tasikmalaya). Skripsi Jurusan pendidikan Agama islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan STAI Tasikmalaya.
Akhlak mulia merupakan tujuan dari risalah Islam. Dalam UU tentang SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003 menyebutkan bahwa tujuan pendidikan salah satunya adalah menerapkan/meningkatkan akhlak atau budi pekerti yang baik. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi seorang guru PAI dalam menerapkan akhlak mulia peserta didik. Guru merupakan tokoh yang paling utama dalam membimbing dan mengembangkan anak agar mencapai kedewasaan. penampilan guru sangat mempengaruhi sikap mental pribadi anak didik, karena guru menerapkan keteladanan bagi peserta didik, sehingga semua gerak dan perbuatannya akan diamati bahkan ditiru oleh peserta didik. Oleh karena itu, segala upaya yang dilakukan guru PAI dan menerapkan akhlak mulia harus sangat diperhatikan, agar peserta didik mempunyai akhlak yang baik (akhlak mulia). Karena seorang guru akan menjadi contoh bagi siswanya, maka guru tersebut harus membekali dirinya dengan akhlak yang baik sesuai yang telah diajarkan oleh Rasulullah Saw.
Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah minimnya pengetahuan agama peserta didik tentang ajaran islam, karena kurangnya gru dalam menjadi teladanan bagi anak didiknya dan kurangnya jam pelajaran PAI sehingga upaya yang dilakukan oleh guru PAI belum sepenuhnya dilaksanakan atau diterapkan oleh guru PAI dan upaya apa sajakah yang dilakukan oleh guru PAI dalam upaya menerapkan nilai-nilai akhlak mulia peserta didik serta mengetahui bagaimana akhlak mulia peserta didik di SMP Negeri 9 Kota Tasikmalaya. Kemudian penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam pengumpulan data, penulis melakukan penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (Field research)
Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan, menunjukkan bahwa metode keteladan guru PAI dalam upaya menerapkan nilai-nilai akhlak mulia peserta didik SMP negeri 9 Kota Tasikmalaya sangat baik. Hal ini terbukti dengan seringnya anak mendoakan orang tua setelah salat, siswa menggunakan tangan kanan ketika makan dan minum, siswa meminta maaf ketika melakukan kesalahan terhadap orang lain.
Kata Kunci : Metode keteladan Guru, Nilai-nilai Akhlak Mulia peserta Didik.

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang HUSEN ROSADI - Personal Name
Edisi
No. Panggil F 025
ISBN/ISSN
Subyek SKRIPSI PAI
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit STAI Tasikmalaya
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit Tasikmalaya
Deskripsi Fisik X, 109 hlm ; 20 x 30 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...