Pilih Bahasa  
Book's Detail
NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KISAH KELUARGA IMRAN MENURUT AL-QUR'AN SURAH ALI IMRAN (3) : 33-37 DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI

SOFIA NUR AFIFAH, 15.01.008.
NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KISAH KELUARGA IMRAN MENURUT AL-QUR'AN SURAH ALI IMRAN (3) : 33-37 DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI
Masalah dekadensi telah menjadi fenomena yang sangat mengkhawatirkan terlbih di kalangan remaj. Semakin meningkat jenjang pendidikan anak, anak semakin tidak sopan terhadap oranng tua ataupun gurunya. Sehingga pembelajaran Pendidikan Agama islam baik di keluarga maupun di sekolah patut dievaluasi. Dari fakta-fakta tersebut peneliti berasumsi bahwa ada yang salah dalam proses pembelajaran PAI. Sehingga sudah seharusnya dicari sesuatu yanng dapat memperbaikinya. Dalam Al-Qur'an banyak model yang bisa dieksplorasi dan diterapkan dalam pembelajaran PAI, salah satunya dalam Kisah Keluarga Imran menurut Al-Qur'an Surah Ali-Imran (3) 33-37. Merupakan sebuah kebenaran bahwa keluarga ini merupakan keluarga shaleh yang darinya kita dapat mengambil nilai-nilai pendidikannya. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana profil dari keluarga Imran; (2) Apa saja nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam Al-Qur'an Surah Ali-Imran (3) 33-37 ; dan (3) Bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan dalam kisah keluarga Imran menurut Al-Qur;an Surah Ali-Imran (3) 33-37 terhadap pembelajaran PAI. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah studi pustaka (Library research). Data yang diperoleh dari Al-Qur'an dan 2 kitab Tafsir sebagai sumber primer juga dilengkapi dengan sumber data sekunder. Dari penelitian ini ditemukan empat nilai pendidikan yang bisa diimplementasikan dalam pembelajaran PAI yaitu Nilai-nilai tentang pendidik yang baik seperti taat yaitu dalam pembelajaran sesuai dengan Al-Qur'an dan Hadits, sabar, ikhlas, keinginan yang kuat untuk menurunkan generasi yang lebih baik, penyayang PAI. Nilai tentang tujuan pendidikan yaitu menjadi Hamba Allah yang taat nilai tentang materi pendidikan yaitu materi pendidikan aqidah dan ibadah, nilai tentang metode pembelajaran yaitu metode Uswah Hasanah, dan nilai-nilai pendidikan tersebut dapat diimplementasikan dalam pembelajaran PAI.
Kata Kunci : Nilai pendidikan, Kisah Keluarga Imran, Pembelajaran PAI

Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang SOFIA NUR AFIFAH - Personal Name
Edisi
No. Panggil F 054
ISBN/ISSN
Subyek SKRIPSI PAI
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit STAI Tasikmalaya
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit Tasikmalaya
Deskripsi Fisik X, 79 hlm ; 30 x 20 cm
Info Detil Spesifik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...